To make easy, Click the categories that you want to see^^

Selasa, 15 Mei 2012

[Info] tentang Jepang {Indonesian Language}


credits to the owner
=saya lupa copas dari mana=
hehee.. >,<

Jepang merupakan negara kepulauan yang mempunyai luas wilayah 377,819 Km persegi dan terletak di timur Benua Asia. Luas ini kurang lebih satu perlima dari wilayah Indonesia Kepulauan yang memanjang dari utara –Hokkaido- hingga ke selatan –Okinawa- ini mempunyai empat pulau utama,-- Honshu, Hokkaido, Kyushu, dan Shikoku (dari besar ke kecil)—dan terdiri dari ribuan pulau kecil lainnya. Honshu merupakan pulau terbesar, 60% dari total wilayah jepang.

Terbentang di 25 derajat sampai 45 derajat lintang utara membuat Jepang mengalami 4 musim. Suhu udara berbeda-beda di tiap tempat, tergantung dari aliran udara—dari daratan asia yang mendominasi cuaca musim dingin dan dari lautan yang biasa datang pada musim panas--, atau yang datang dari yang mempengaruhinya, disamping tergantung juga pada ketinggian wilayah tersebut.
Musim panas, yang panas dan kelembaban yang tinggi, di Jepang setiap tahunnya mulai sekitar pertengahan Bulan Juli. Selalu didahului oleh musim hujan kira-kira satu bulan, kecuali di daerah Hokkaido, daerah paling utara di Jepang, dimana tidak ada musim hujan sama sekali.
Musim dingin mulai pertengahan Bulan December, daerah-daerah yang terletak berdekatan dengan Samudera Pasifik lebih hangat dibandingkan dengan daerah-daerah yang berdekatan dengan Laut Jepang. Karena daerah pegunungannya yang banyak, Jepang merupakan wilayah yang sangat bersalju, seperti Propinsi Nagano ataupun Propinsi Niigata. Daerah-daerah ini terkenal dengan fasilitas olahraga musim dinginnya yang baik.

Tidak seperti musim panas dan musim dingin, musim semi dan musim gugur sangat nyaman. Walaupun pada awal-awal musim gugur sering datangnya angin taufan yang kadang menghantam daratan. Curah hujan juga tinggi, berkisar 1000 sampai 2500 mm setiap tahun.
Tokyo, ibukota Jepang, terletak pada posisi lintang yang sama dengan Los Angeles, Atena, dan Teheran. Kota ini relatif hangat pada musim dingin dengan sedikit salju. Namun sebaliknya bertemperatur tinggi dan kelembaban yang tinggi pada musim panas. Untuk melihat suhu udara rata-rata kota-kota di jepang.

Jepang mempunyai banyak pegunungan , 77 diantaranya merupakan gunung berapi yang masih aktif sehingga Jepang terkenal dengan daerah yang sering dilanda gempa. Menurut data, luas daerah pegunungan ini menutupi 71% dari total wilayah. 532 dari seluruh pegunungan mempunyai tinggi lebih dari 2000 m. salah satunya adalah Gunung Fuji. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di jepang dengan tinggi 3776 meter. Walaupun gunung ini pernah meletus pada tahun 1707, Gunung Fuji masuk kedalam 77 gunung yang masih aktif. Gunung-gunung berapi ini menjadi tempat kunjungan wisata yang populer di jepang karena menyediakan air panas alami (dalam Bahasa Jepang disebut onsen).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please leave your comment, minna san... I really appreciate your respect ^^d
Tinggalkan komentar, jangan datang dan pergi tanpa jejak ^^d

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...